Sisi emosional pendengaran

Pendengaran ini sering dikaitkan dengan kesehatan mental dan emosional. Menyadari bahwa Anda secara bertahap kehilangan pendengaran Anda dan mungkin tidak dapat mendengarkan musik favorit, berkomunikasi dengan orang yang Anda cintai dan terlibat dalam satu-satu atau percakapan Grup dapat meninggalkan Anda di kejutan.

Sering dibutuhkan waktu yang lama, kadang-kadang 4-5 tahun bagi sebagian orang untuk menyadari bahwa gangguan pendengaran. Dari awal kondisi untuk akhirnya mendapatkan itu diperlakukan, penderita mengalami tahap emosional yang bervariasi, yang mewujudkan sentimen-sentimen mereka tentang kondisi mereka.

KETIDAKTAHUAN

Pendengaran pada orang banyak pergi tidak terdeteksi dan diobati karena mereka terus mengabaikan tanda-tanda. Sementara anak-anak muda biasanya tidak menyadari mereka gangguan pendengaran sampai mereka dinilai secara klinis, banyak orang dewasa cenderung mengabaikan signifikan tanda-tanda yang menunjukkan terhadap gangguan pendengaran.

Tidak mendapatkan bantuan tepat dalam waktu yang tepat dapat menyebabkan kerusakan permanen telinga Anda dan mempengaruhi kualitas hidup Anda.

PENYANGKALAN

Mengapa Anda bergumam? Anda bisa mengubah turun musik latar belakang sehingga aku bisa mendengar kalian lebih baik? Dapat Anda Harap mengulang apa yang Anda katakan? Audio dari TV harus diatur terlalu rendah, aku tidak bisa mendengar baik apa yang mereka katakan benar?

Penyangkalan adalah reaksi alami untuk pendengaran tetapi panggung sementara yang terjadi karena takut malu. Tampaknya nyaman bagi sebagian orang untuk mengubah lingkungan mereka untuk mengimbangi kehilangan pendengaran mereka.

KEMARAHAN

Fase penyangkalan kemajuan dan menyebabkan penderita tahap mana mereka mulai menyalahkan orang lain keluar dari frustrasi dan kemarahan. Anggota keluarga atau orang-orang dekat mungkin mengejek atau menertawakan ketidakmampuan mereka untuk mendengar dengan jelas, yang mengganggu orang dengan gangguan pendengaran dan mereka menyerang marah untuk mempertahankan ketidakmampuan mereka.

PENARIKAN

Akhirnya ketika sementara Pertahanan (tahap penyangkalan dan kemarahan) diganti dengan penerimaan parsial, penderita mulai memotong diri dari pertemuan keluarga, dan kegiatan sosial untuk menghindari situasi memalukan.

Mereka mulai untuk menghindari satu lawan satu interaksi dan percakapan grup dalam takut memiliki orang-orang yang tahu tentang masalah pendengaran mereka.

DEPRESI

Tahap-tahap bersama-sama secara otomatis menyebabkan orang yang menderita kehilangan pendengaran untuk mengisolasi diri sendiri, yang pada akhirnya menyebabkan depresi.

Isolasi dan hilangnya kegiatan sosial dan interaksi menciptakan perasaan harga diri yang rendah, yang mencegah penderita mendapatkan bantuan dan perawatan yang mereka butuhkan.

PENERIMAAN

Setelah semua kebodohan, penyangkalan, frustrasi dan isolasi, ada datang sebuah tahap ketika individu dengan gangguan pendengaran mendapat bosan kehilangan hal-hal yang mereka sekali menggunakan untuk menikmati.

Tahap memimpin mereka untuk mencari bantuan profesional dan menemukan alat bantu dengar cocok untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendengaran.

Kunjungan ke audiolog berpengalaman dan terkenal adalah langkah pertama dalam tahap penerimaan. Spesialis pendengaran meneliti pendengaran Anda untuk menentukan penyebab dan tingkat kehilangan pendengaran Anda sehingga mereka dapat menawarkan solusi yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Banyak pusat pendengaran dan klinik menawarkan sebuah penilaian bebas pengantar sidang untuk klien mereka diikuti oleh sebuah evaluasi sidang penuh. Hasil penilaian mendengar ini membantu audiolog menyarankan perawatan yang sesuai untuk pendengaran Anda.

Selain itu, menggunakan alat bantu dengar digital untuk pertama kalinya dapat sedikit menantang awalnya. Pemakai akan mendengar suara yang mereka belum pernah mendengar untuk waktu yang lama, yang mungkin merasa tidak biasa dan aneh di awal. Ingat bahwa itu akan mengambil beberapa waktu untuk telinga Anda beradaptasi dengan perangkat sidang baru.

Ingat bahwa sukses dengan alat bantu dengar bergantung sebagian besar pada perawatan pribadi dan motivasi. Sikap positif dan sedikit usaha di pihak pengguna dapat pergi jauh untuk mempercepat proses adaptasi dan meningkatkan pengalaman mendengarkan. Sangat disarankan untuk belajar tentang perawatan dan pemeliharaan perangkat mendengar dan mendengar baterai bantuan untuk mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Anda dan pengalaman Anda.

Damien Dicieri adalah spesialis pendengaran yang memiliki pengetahuan yang luas mendengar penilaian dan kondisi, yang ia berbagi dengan para pendengarnya internet melalui komprehensif blog, artikel dan konten potongan.

Komentar